Profil Pondok Pesantren Bahrul Ulum Muliasari ( BUM)


Profil Pondok Pesantren Bahrul Ulum Muliasari ( BUM)




Pondok Pesantren Bahrul Ulum Muliasari (BUM) sebagai salah satu Pondok Pesantren yang berada Wilayah Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan yang yang beroprasi sekitar tahun 1996. Pondok Pesantren Bahrul Ulum Muliasari (BUM)  didirikan  Oleh KH.M. SHOLIH QUSDY, S. Pd.I / lebih dikenalnya dengan panggilan Abah Sholeh , beliau adalah alumni  M3 ( Madrasah Mu’alimin  Mu’aliamat ) ponpes Bahrul Ulum tambak beras Jombang, karena kecintaan beliau kepada  ponpes Bahrul Ulum tambak beras Jombang  Beliau beri’tikad untuk mengamalkan ilmu yang beliau dapat disana dengan membangun sebuah pondok yang diberi nama persis dengan pondoknya dahalu, hanya tempatnya saja yang berbeda, dengan tujuan supaya apa yang beliau dapatkan di ponpes Bahrul Ulum tambak beras Jombang berkah dan pondok yang beliau dirikan bisa seperti ponpes Bahrul Ulum tambak beras Jombang.


      KH.M. SHOLIH QUSDY, S. Pd.I
   Pimpinan dan pengasuh Ponpes Bahrul Ulum Mulia Sari 

A.    PROGRAM PENDIDIKAN
Demi memenuhi cita-cita mulia tersebut, yaitu mencetak generasi bangsa yang berkualitas dalam segala aspek keilmuan, maka dilaksanakanlah program pendidikan sebagai berikut:
a.      Program Pendidikan Formal
1.      Madrasah Aliyah (tahun 2007)
Madrasah Aliyah (MA) adalah program pendidikan formal setingkat SMU yang diselenggarakan yang diselenggarakan untuk mendidik santri dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan tetap dalam pembasisan agama. Program pendidikan ini ditempuh selama 3 tahun,yang awalnya  menggunakan kurikulum tingkat satuan pelajaran (KTSP) dan  Sekarang telah mengikuti program pemerintah dengan kurikulum baru yaitu k-13
2.      Madrasah Tsanawiyah (2004)
Madrasah Tsanawiyah adalah pendidikan formal yang setara dengan SLTP, yang diselenggarakan untuk mendidik santri dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan tetap dalam pembasisan agama. Program pendidikan ini ditempuh selama 3 tahun, yang awalnya  menggunakan kurikulum tingkat satuan pelajaran (KTSP) dan  Sekarang telah mengikuti program pemerintah dengan kurikulum baru yaitu k-13

b.      Program Pendidikan In Formal
Pengajian Kitab
Pengajian Kitab merupakan salah satu program pendidikan yang bertujuan untuk membekali santri agar memiliki kemampuan untuk mengkaji khazanah-khazanah intelektual klasik/ salaf maupun kontemporer/ kholaf yang berbahasa Arab baik secara teoritis maupun praktis. Karena hal itu merupakan salah satu sumber utama dari keilmuan agama Islam.

B.     SARANA PENTING PONDOK PESANTREN
Pondok pesantren Bahrul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki sarana pendidikan lengkap, yang terdiri:
  • Lokal belajar dan Asrama Santri permanen
  • Perpustakaan
  • Kolam Ikan
  • Laboratorium
  • Laboratorium Komputer
  • Ruang Multimedia
  • Sarana Olahraga dan sebagainya
Alamat:
Jl. Tanjung siapi-api  KM. 42 Desa Mulia sari Kecamatan Tanjung lago Kab. Banyuasin Sumatera Selatan-Indonesia
Sekretariat: 

Jl. Tanjung siapi-api  KM. 42 Desa Mulia sari jalur 17 jembatan 3 kompas (komplek pasar)
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Pondok Pesantren Bahrul Ulum Muliasari ( BUM)"

Post a Comment

الإنسان محل الخطأ والنسيان
.
(Manusia tempatnya salah dan lupa)